Selasa, 29 November 2011

Gunung api di tengah laut di dekat Bengkulu, Sumatra. Seamount ?


Rasanya sudah lama hanya berkutet dengan buku dan pekerjaan serta terlalu bising adanya hiruk pikuk pileg dan sekarang pilpres. Tiba-tiba ada penemuan baru sebuah gunung api raksasa di dekat Bengkulu. Wah kayaknya harus balik lagi mendongeng geologi, biar nanti kalau pilpres tidak lagi ketakutan soal letusan gunung laut.

Penemuan Gunung Api raksasa di sebelah barat-selatan Bengkulu ini banyak yang mengagetkan apalagi dibumbui dengan kemungkinan meletus. Tapi untuk sementara yang dapat dijelaskan disni adalah bahwa yang terlihat itu saat ini disebut sebagai seamount. Tidak perlu ditakutkan tetapi perlu diperhatikan.
Setelah diplot di ArcGIS itu emang Seamount yg terlihat dari bathymetrinya. atau dari peta kedalaman
Seamount
Disebelah kiri ini adalah daerah yang diteliti oleh BPPT bersama-sama dengan instansi lainnya yang diberitakan oleh Antara dan di Kompas itu. Penelitian ini merupakan penelitian untuk tujuan mitigasi atau penelitian kebencanaan.
Terlihat disebelah barat Bengkulu ada sebuah bukit ehgunung yang menjulang ditengah laut. Gejala atau penampakan gunung-gunung ini disebut seamount.
Definisi dari tante wiki apa itu seamount
A seamount is a mountain rising from the ocean seafloor that does not reach to the water’s surface (sea level), and thus is not an island. These are typically formed from extinct volcanoes, that rise abruptly and are usually found rising from a seafloor of 1,000–4,000 meters depth. They are defined by oceanographers as independent features that rise to at least 1,000 meters above the seafloor. The peaks are often found hundreds to thousands of meters below the surface, and are therefore considered to be within the deep sea.[1] An estimated 30,000 seamounts occur across the globe, with only a few having been studied.
Jadi diperkirakan ada 30 ribu fenomena ini dibumi. Namun hanya sedikit yang diketahui. Jadi ya jangan heran kalau “baru diketemukan”. Daerah ini kebetulan jarang diteliti untuk eksplorasi atau ekstraksi. Bagaimanapun ketertarikan scienceselalu diiringi oleh ketertarikan materi/ekonomi. Saat ini penelitian tidak hanya untuk ekonomi tetapi untuk mitigasi. Penelitian ini sepertinya dilakukan dalam rangka mitigasi tsunami.
Jadi perlu kita acungi lima jempol untuk BPPPT yang meneliti untuk tujuan mitigasi kebencanaan (tsunami). Dalam beberapa tahun lalu ketika tsunami Aceh diperkirakan adanya longsoran bawah laut dan ternyata penelitian bathymetri masih langka. Salah satu penelitian yang dilakukan dalam berita itu adalah pengambilan data kedalaman dan pengambilan data profil seismic. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar